Return to site

Cara mengobati liver secara alami

Cara mengobati liver

· Obat Liver

Cara mengobati liver secara alami - Istilah penyakit Liver mungkin tidak asing bagi Anda bukan? karena kita tahu bahwa angka kejadian penderita penyakit yang menyerang organ hati ini cukup signifikan, dengan mengenali gejala dini penyakit liver maka tingkat kesembuhannya pun akan semakin cepat dan tidak akan menyebabkan komplikasi lainnya sebagai akibat penyakit ini dibiarkan lama sehingga menjadi kronis.

broken image
PENYAKIT LIVER ( HATI )

Liver (hati) memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh dari produksi protein dan pembekuan darah menjadi kolesterol, glukosa (gula), dan metabolisme besi. Berbagai penyakit bisa mempengaruhi hati, misalnya,obat-obatan tertentu seperti jumlah asetaminofen yang berlebihan, dan kombinasi obat asetaminofen seperti Vicodin, Norco, dan statin.

Penyakit liver (hati) adalah gangguan fungsi hati yang menyebabkan penyakit. Hati bertanggung jawab atas banyak fungsi penting di dalam tubuh dan jika itu menjadi sakit atau terluka, kehilangan fungsi tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada tubuh. Penyakit hati juga disebut sebagai penyakit hati. Penyakit liver (hati) adalah istilah yang luas yang mencakup semua potensi masalah yang menyebabkan hati gagal melakukan fungsi yang ditunjuk. Biasanya, lebih dari 75% atau tiga perempat jaringan hati perlu terpengaruh sebelum terjadi penurunan fungsi.

Liver (hati) adalah organ padat terbesar di tubuh; dan juga dianggap sebagai kelenjar karena di antara banyak fungsinya, itu membuat dan mengeluarkan empedu. Hati terletak di bagian kanan atas perut yang dilindungi oleh tulang rusuk. Ini memiliki dua lobus utama yang terdiri dari lobulus kecil. Sel hati memiliki dua sumber darah yang berbeda. Arteri hepatik memasok darah kaya oksigen yang dipompa dari jantung, sementara vena portal memasok nutrisi dari usus dan limpa.

Biasanya, vena mengembalikan darah dari dalam tubuh ke jantung, tapi vena portal memungkinkan nutrisi dan bahan kimia dari saluran pencernaan masuk ke hati untuk diproses dan disaring sebelum memasuki sirkulasi umum. Vena portal juga secara efisien mengantarkan bahan kimia dan protein yang dibutuhkan sel hati untuk menghasilkan protein, kolesterol, dan glikogen yang diperlukan untuk aktivitas tubuh normal.

Sebagai bagian dari fungsinya, hati membuat empedu, cairan yang mengandung zat, air, bahan kimia, dan asam empedu lainnya (terbuat dari kolesterol yang tersimpan di hati). Empedu disimpan di kantong empedu dan saat makanan memasuki duodenum (bagian pertama usus kecil), empedu disekresikan ke dalam duodenum, untuk membantu pencernaan makanan.

Hati adalah satu-satunya organ dalam tubuh yang dapat dengan mudah mengganti sel yang rusak, namun jika cukup sel hilang, hati mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan tubuh.

Hati bisa dianggap sebagai pabrik; dan di antara banyak fungsinya meliputi:
  • Produksi empedu yang dibutuhkan dalam pencernaan makanan, khususnya lemak
  • Menyimpan glukosa dan gula ekstra sebagai glikogen, dan kemudian mengubahnya kembali menjadi glukosa saat tubuh membutuhkannya untuk energi
  • Produksi faktor pembekuan darah
  • Produksi asam amino (blok bangunan untuk pembuatan protein), termasuk yang digunakan untuk membantu melawan infeksi
  • Pengolahan dan penyimpanan zat besi perlu untuk produksi sel darah merah
  • Pembuatan kolesterol dan bahan kimia lainnya dibutuhkan untuk pengangkutan lemak
  • Konversi produk limbah metabolisme tubuh menjadi urea yang diekskresikan dalam urin
  • Metabolisasi obat ke dalam bahan aktif mereka di dalam tubuh.

Sirosis adalah istilah yang menggambarkan jaringan parut permanen hati. Pada sirosis, sel hati normal digantikan oleh jaringan parut yang tidak dapat melakukan fungsi hati apapun. Gagal hati akut mungkin atau mungkin tidak reversibel, yang berarti bahwa kadang-kadang, ada penyebab yang dapat diobati dan hati mungkin dapat pulih dan melanjutkan fungsinya yang normal.

Apa penyebab penyakit liver ( hati )

Hati bisa rusak dengan berbagai cara.

  • Sel bisa menjadi meradang, misalnya hepatitis.
  • Aliran empedu bisa terhambat, misalnya kolestasis).
  • Kolesterol ortrigliserida bisa menumpuk, misalnya steatosis).
  • Aliran darah ke hati bisa terganggu.
  • Jaringan hati bisa rusak akibat bahan kimia dan mineral, atau disusupi sel abnormal, seperti sel kanker.
Penyalahgunaan alkohol

Penyalahgunaan alkohol adalah penyebab paling umum penyakit hati di Amerika Utara. Alkohol secara langsung beracun bagi sel hati dan dapat menyebabkan peradangan hati, disebut sebagai hepatitis alkoholik. Dalam penyalahgunaan alkohol kronis, akumulasi lemak terjadi pada sel hati yang mempengaruhi kemampuan mereka untuk berfungsi.

Penyakit hati akibat obat

Sel hati bisa menjadi sementara meradang atau rusak secara permanen dengan paparan obat atau obat-obatan. Beberapa obat atau obat memerlukan overdosis untuk menyebabkan luka hati sementara yang lain dapat menyebabkan kerusakan bahkan jika dikonsumsi dengan dosis yang ditentukan secara tepat.

Mengambil jumlah acetaminophen berlebih (Tylenol, Panadol) dapat menyebabkan gagal hati. Inilah alasan mengapa label peringatan ada pada banyak obat bebas yang mengandung asetaminofen dan mengapa obat kombinasi obat-obatan narkotika-acetaminophen (misalnya Vicodin, Lortab, Norco, Tylenol # 3) membatasi jumlah tablet yang akan dikonsumsi. satu hari. Untuk pasien dengan penyakit hati yang mendasari atau mereka yang menyalahgunakan alkohol, batas hariannya lebih rendah dan asetaminofen mungkin kontra-ditunjukkan pada individu tersebut.

Hepatitis menular

Istilah "hepatitis" berarti peradangan, dan sel hati bisa menjadi meradang karena infeksi.

Hepatitis A adalah infeksi virus yang menyebar terutama melalui jalur fecal-oral bila sejumlah kecil kotoran yang terinfeksi tidak sengaja tertelan. Hepatitis A menyebabkan radang akut pada hati yang secara umum sembuh secara spontan. Vaksin hepatitis A dapat mencegah infeksi ini. Mencuci tangan secara menyeluruh, terutama saat menyiapkan makanan adalah cara terbaik untuk mencegah penyebaran hepatitis A. Hal ini sangat penting bagi pekerja yang bekerja di industri makanan dan restoran.

Hepatitis B menyebar melalui paparan cairan tubuh (jarum dari penyalahguna narkoba, darah yang terkontaminasi, dan kontak seksual) dan dapat menyebabkan infeksi akut, namun juga dapat berlanjut untuk menyebabkan peradangan kronis (hepatitis kronis) yang dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati. Vaksin hepatitis B dapat mencegah infeksi ini.

Hepatitis C menyebabkan hepatitis kronis. Individu yang terinfeksi mungkin tidak mengingat adanya penyakit akut. Hepatitis C menyebar melalui paparan cairan tubuh (jarum dari penyalahguna narkoba, darah yang terkontaminasi, dan beberapa bentuk kontak seksual). Hepatitis C kronis dapat menyebabkan sirosis dan kanker hati. Saat ini, tidak ada vaksin yang melawan virus ini. Ada sebuah rekomendasi untuk menguji semua orang yang lahir antara tahun 1945 dan 1965 untuk antibodi Hepatitis C untuk mengidentifikasi orang-orang yang tidak tahu bahwa mereka telah terjangkit penyakit ini. Obat baru sekarang tersedia untuk mengobati dan berpotensi menyembuhkan Hepatitis C.

Hepatitis D adalah virus yang membutuhkan infeksi bersamaan dengan hepatitis B untuk bertahan hidup, dan menyebar melalui paparan cairan tubuh (jarum dari penyalahguna narkoba, darah yang terkontaminasi, dan kontak seksual).

Hepatitis E adalah virus yang menyebar melalui paparan makanan dan air yang terkontaminasi.

Virus lainnya

Virus lain juga dapat menyebabkan peradangan hati atau hepatitis sebagai bagian dari kumpulan gejala. Infeksi virus dengan mononukleosis menular (virus Epstein Barr), adenovirus, dan cytomegalovirus dapat mengobarkan hati. Infeksi non-virus seperti toxoplasmosis dan demam Rocky Mountain adalah penyebab yang kurang umum.

Faktor penyakit hati
  • Beberapa penyakit hati berpotensi dicegah dan dikaitkan dengan pilihan gaya hidup. Penyakit hati terkait alkohol disebabkan oleh konsumsi berlebihan dan merupakan penyebab penyakit hati yang paling umum dicegah.
  • Hepatitis B adalah infeksi virus yang paling sering menyebar melalui pertukaran cairan tubuh (misalnya, hubungan seks tanpa kondom, berbagi peralatan suntik obat yang tidak disterilkan, menggunakan peralatan yang tidak disterilisasi untuk tato atau tindik badan).
  • Penyakit herediter hati bisa dilalui secara genetis dari generasi ke generasi. Contohnya termasuk penyakit Wilson (kelainan metabolisme tembaga) dan hemochromatosis (kelebihan zat besi).
  • Paparan kimiawi dapat merusak hati dengan cara mengiritasi sel hati yang mengakibatkan peradangan (hepatitis), mengurangi aliran empedu melalui hati (cholestasis) dan akumulasi trigliserida (steatosis). Bahan kimia seperti steroid anabolik, vinil klorida, dan karbon tetraklorida dapat menyebabkan kanker hati.
  • Overdosis acetaminophen (Tylenol) merupakan penyebab umum gagal hati. Penting untuk meninjau kembali pedoman pemberian dosis untuk semua obat bebas dan meminta panduan dari ahli kesehatan atau apoteker mengenai berapa banyak obat yang dapat dikonsumsi dengan aman. Sementara obat di atas meja relatif aman, obat ini dapat menyebabkan komplikasi secara langsung atau sebagai interaksi dengan obat resep.
  • Obat-obatan dapat mengganggu pembuluh darah hati yang menyebabkan penyempitan atau pembentukan bekuan darah (trombosis). Pil KB dapat menyebabkan trombosis vena hepar, terutama pada perokok.
Gejala penyakit hati

Gejala klasik penyakit hati meliputi:

  • mual,
  • muntah,
  • nyeri perut kuadran kanan atas, dan
  • ikterus (perubahan warna kuning pada kulit karena peningkatan konsentrasi bilirubin dalam aliran darah)
  • Kelelahan, kelemahan dan penurunan berat badan juga bisa terjadi.

Namun, karena ada beragam penyakit hati, gejalanya cenderung spesifik untuk penyakit itu sampai stadium akhir penyakit hati dan gagal hati terjadi.

Contoh gejala penyakit hati karena kondisi atau penyakit tertentu antara lain:

? Seseorang dengan batu empedu mungkin mengalami nyeri perut bagian atas kanan dan muntah setelah makan makanan berlemak (berlemak). Jika kantong empedu terinfeksi, demam bisa terjadi.

? Penyakit Gilbert tidak memiliki gejala, dan merupakan temuan insidentil pada tes darah dimana kadar bilirubin sedikit meningkat.

? Individu dengan sirosis akan mengembangkan gejala progresif saat hati gagal. Beberapa gejala berhubungan langsung dengan ketidakmampuan hati untuk memetabolisme produk limbah tubuh. Yang lain mencerminkan kegagalan hati untuk memproduksi protein yang dibutuhkan untuk fungsi tubuh dan dapat mempengaruhi fungsi pembekuan darah, karakteristik seks sekunder dan fungsi otak. Gejala sirosis hati meliputi:

  • Mudah memar bisa terjadi karena penurunan produksi faktor pembekuan;
  • Garam empedu dapat menyimpan di kulit yang menyebabkan gatal;
  • Ginekomastia atau pembesaran payudara pada pria bisa terjadi karena adanya ketidakseimbangan hormon seks; khususnya peningkatan estradiol;
  • Impotensi (disfungsi ereksi, ED), dorongan seks yang buruk dan testis yang menyusut disebabkan oleh penurunan fungsi hormon seks;
  • Kebingungan dan kelesuan dapat terjadi jika tingkat amonia meningkat dalam aliran darah (amonia adalah produk limbah yang terbentuk dari metabolisme protein dan memerlukan sel hati normal untuk mengeluarkannya), asites (akumulasi cairan di dalam rongga perut) terjadi karena produksi protein menurun; dan
  • Pemborosan otot bisa terjadi karena berkurangnya produksi protein.

Selain itu, ada peningkatan tekanan di dalam hati sirosis yang mempengaruhi aliran darah melalui hati. Tekanan yang meningkat pada pembuluh darah portal menyebabkan aliran darah ke hati melambat dan pembuluh darah membengkak. Bulu bengkak (varises) terbentuk di sekitar perut dan kerongkongan dan berisiko mengalami pendarahan. nama obat liver di apotik

Perawatan medis untuk penyakit hati

Jaundice atau kulit kuning tidak pernah normal dan harus segera dievaluasi oleh profesional layanan kesehatan.

Demam, muntah, dan nyeri perut yang terus-menerus juga harus segera dievaluasi medis sesegera mungkin.

Overdosis asetaminofen atau Tylenol, baik disengaja atau disengaja, dapat menyebabkan gagal hati akut. Evaluasi dan perawatan darurat diperlukan. Antidot untuk melindungi hati dapat diberikan, namun efektif hanya jika digunakan dalam beberapa jam. Tanpa intervensi ini, overdosis acetaminophen dapat menyebabkan gagal hati. Gejala hanya terjadi setelah kerusakan hati potensial terjadi.

Penyakit didiagnosis

Diagnosis penyakit hati yang tepat melibatkan pemeriksaan sejarah dan fisik yang dilakukan oleh profesional perawatan kesehatan. Memahami gejala dan faktor risiko pasien terhadap penyakit hati akan membantu memandu setiap tes diagnostik yang mungkin dipertimbangkan.

Terkadang sejarah memang sulit, terutama pada pasien yang menyalahgunakan alkohol. Pasien ini cenderung meminimalkan konsumsi mereka, dan seringkali anggota keluarga yang mampu memberikan informasi yang benar.

Penyakit hati dapat memiliki temuan fisik yang mempengaruhi hampir semua sistem tubuh termasuk fungsi jantung, paru-paru, perut, kulit, otak dan kognitif, dan bagian lain dari sistem saraf. Pemeriksaan fisik sering membutuhkan evaluasi seluruh tubuh.

Tes darah sangat membantu dalam menilai peradangan dan fungsi hati.

Tes fungsi hati yang spesifik adalah:

  • AST dan ALT (bahan kimia transaminase dilepaskan dengan peradangan sel hati);
  • GGT dan alkaline phosphatase (bahan kimia yang dilepaskan oleh sel-sel yang melapisi saluran empedu);
  • bilirubin; dan
  • protein dan kadar albumin.

Tes darah lainnya dapat dipertimbangkan, termasuk yang berikut ini:

  • complete blood count (CBC), pasien dengan penyakit hati stadium akhir mungkin mengalami penekanan sumsum tulang dan sel darah merah rendah, sel darah putih dan trombosit. Akibatnya, pasien dengan sirosis mungkin mengalami pendarahan;
  • INR fungsi pembekuan darah dapat terganggu karena produksi protein yang buruk dan merupakan ukuran sensitif fungsi hati;
  • lipase untuk memeriksa radang pankreas;
  • elektrolit, BUN dan karsinin untuk menilai fungsi ginjal; dan
  • Penilaian kadar amonia darah sangat membantu pada pasien dengan kebingungan mental untuk menentukan apakah gagal hati merupakan penyebab potensial

Studi pencitraan dapat digunakan untuk memvisualisasikan, tidak hanya hati, tapi organ terdekat lainnya yang mungkin berpenyakit. Contoh studi pencitraan meliputi:

  • CT scan (computerized axial tomography),
  • MRI (magnetic resonance imaging), dan
  • USG (pencitraan gelombang suara, yang sangat membantu dalam menilai saluran kandung empedu dan saluran empedu.

Biopsi hati dapat dipertimbangkan untuk mengkonfirmasi diagnosis spesifik penyakit hati. Di bawah anestesi lokal, jarum panjang tipis dimasukkan melalui dinding dada ke hati, di mana sampel kecil jaringan hati diperoleh untuk pemeriksaan di bawah mikroskop.

Apa pengobatan untuk penyakit hati

Setiap penyakit hati akan memiliki rejimen pengobatan spesifiknya sendiri. Sebagai contoh, hepatitis A memerlukan perawatan suportif untuk menjaga hidrasi sementara sistem kekebalan tubuh melawan dan mengatasi infeksi. Pasien dengan batu empedu mungkin memerlukan pembedahan untuk mengeluarkan kantong empedu. Penyakit lain mungkin memerlukan perawatan medis jangka panjang untuk mengendalikan dan meminimalkan konsekuensi penyakit mereka.

Pada pasien dengan sirosis dan penyakit hati stadium akhir, obat-obatan mungkin diperlukan untuk mengendalikan jumlah protein yang diserap dalam makanan. Hati yang terkena sirosis mungkin tidak dapat memetabolisme produk limbah, menghasilkan peningkatan kadar amonia darah dan ensefalopati hati (kelesuan, kebingungan, koma). Diet sodium rendah dan pil air (diuretik) mungkin diperlukan untuk meminimalkan retensi air.

Pada pasien dengan cairan asites dalam jumlah besar (akumulasi cairan di rongga perut), kelebihan cairan kadang harus dikeluarkan dengan jarum suntik (paracentesis). Menggunakan anestesi lokal, jarum dimasukkan melalui dinding perut dan cairan ditarik. Cairan asites dapat secara spontan menjadi terinfeksi dan paracentesis juga dapat digunakan sebagai tes diagnostik untuk mencari infeksi.

Operasi mungkin diperlukan untuk mengobati hipertensi portal dan meminimalkan risiko pendarahan.

Transplantasi hati adalah pilihan terakhir bagi pasien yang hatinya gagal.

Apa komplikasi penyakit hati

Kecuali untuk penyakit batu empedu dan beberapa infeksi virus seperti hepatitis A, C, dan mononucleosis menular, kebanyakan penyakit hati dikelola dan tidak disembuhkan.

Penyakit hati bisa berkembang menjadi sirosis dan gagal hati. Komplikasi terkait dapat mencakup peningkatan risiko perdarahan dan infeksi, malnutrisi dan penurunan berat badan, dan penurunan fungsi kognitif.

Beberapa penyakit hati dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan kanker hati.

Dapatkah penyakit hati dicegah
  • Penyalahgunaan alkohol adalah penyebab paling umum penyakit hati di Amerika Utara. Mengkonsumsi alkohol secukupnya dapat membantu meminimalkan risiko penyakit hati terkait alkohol.
  • Risiko tertular Hepatitis B dan C dapat dikurangi dengan meminimalkan risiko terpapar cairan tubuh orang lain.
  • Vaksinasi tersedia untuk Hepatitis A dan B.
  • Skrining untuk Hepatitis C direkomendasikan pada beberapa populasi.
  • Penyakit hati berlemak merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan mempromosikan gaya hidup sehat termasuk diet seimbang, pengendalian berat badan, menghindari konsumsi alkohol berlebih dan program latihan rutin. Modifikasi gaya hidup ini tidak menjamin keberhasilan dalam pencegahan penyakit karena beberapa orang akan mengembangkan penyakit hati berlemak bahkan dengan gaya hidup yang maksimal. dikutip dari https://www.medicinenet.com
Pengobatan Liver ( hati ) Herbal Vitamin E

Penelitian yang dilakukan di University of Florida menunjukkan bahwa perubahan gaya hidup, bersama dengan suplemen vitamin E, bermanfaat bagi orang-orang dengan kerusakan hati yang disebabkan oleh penyakit hati berlemak nonalkohol. Manfaat vitamin E meliputi perannya sebagai antioksidan kuat yang mengurangi peradangan. Ini juga meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan kondisi serius.

Kunyit

Dengan menambahkan kunyit yang bermanfaat untuk diet Anda atau minum suplemen setiap hari, Anda mengurangi peradangan di tubuh dan mengobati kondisi pencernaan. Jika menggunakan suplemen, ambil 450 miligram kapsul kurkumin setiap hari.

Minyak biji hitam

Minyak yang menakjubkan ini bisa mempercepat proses penyembuhan bagi penderita penyakit hati berlemak. Sebuah studi yang diterbitkan dalam European Review for Medical and Pharmaceutical Sciences mengukur kemampuan minyak biji hitam untuk menghambat penanda stres oksidatif hati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak biji hitam bermanfaat bagi pasien penyakit hati karena mampu mengurangi komplikasi dan perkembangan penyakit hati berlemak.

Hanya Minum Obat-obatan Saat Diperlukan

Hati bertanggung jawab untuk menyortir bahan kimia di aliran darah Anda termasuk yang Anda sengaja menelan dari obat resep. Banyak obat telah diresepkan hari ini, atau salah dan dicampur dengan hal-hal yang salah. Jika Anda minum obat secara teratur, pelajari bagaimana mereka dapat mempengaruhi hati Anda, ikuti petunjuk pemberian dosis dengan seksama dan bicarakan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah ada solusi alami yang bisa Anda ubah. Obat liver

Batasi Paparan Racun Anda

Kita semua berkontak setiap hari dengan berbagai bentuk racun melalui udara yang kita hirup, makanan yang kita makan dan produk yang kita gunakan. Lakukan yang terbaik untuk menghindari pernapasan atau menyentuh racun, terutama dengan membatasi jumlah produk kimia rumah tangga, pembersih dan kecantikan yang Anda gunakan. Bahan kimia yang ditemukan dalam produk aerosol, insektisida, produk kecantikan sintetis, dan aditif dalam rokok semuanya melukai sel hati. Gunakan produk pembersih alami dan rumah tangga bila memungkinkan. dikutip dari https://draxe.com

Resep Herbal Pengobatan Penyakit Hati Resep Teh Kunyit

Teh kunyit adalah minuman populer di seluruh Asia dan dikenal oleh beberapa orang sebagai "emas cair." Manfaat kunyit terutama karena senyawa aktifnya yang disebut kurkumin.

Kunyit sangat anti-inflamasi, dan resep teh kunyit emas ini pasti bisa membantu menyembuhkan tubuh Anda dari sejumlah kondisi kesehatan inflamasi. Minuman kaya krim dan ringan manis ini adalah sesuatu yang pasti Anda nikmati!

Bahan:

  • 1 cangkir santan
  • 1 gelas air
  • 1 sendok makan ghee
  • 1 sendok makan madu
  • 1 sendok teh kunyit (bubuk atau parutan akar)

Petunjuk:

Tuangkan santan dan air ke dalam panci dan hangatkan selama 2 menit. Tambahkan mentega, madu mentah dan bubuk kunyit selama 2 menit lagi. Aduk dan tuangkan ke dalam gelas.

Resep Juice Detoks Liver (Hati)

Hati adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Ini berperan dalam pencernaan, imunitas, metabolisme dan penyimpanan nutrisi. Karena itu, sangat penting bahwa Anda memberi hati Anda dorongan yang sehat! Ini tidak hanya akan memberi efek menguntungkan pada hati Anda, tapi juga seluruh tubuh Anda secara keseluruhan! Cobalah resep Juice Hati Detox yang lezat ini dan nikmati manfaat jus yang menakjubkan!

Bahan:

  • 1 bit (ukuran sedang)
  • 6 tangkai seledri
  • 1 cangkir cilantro segar
  • ½ lemon
  • 1 kenop jahe

Petunjuk:

Tambahkan semua bahan ke juicer sayuran. Dengan lembut aduk jus dan konsumsi segera.

Untuk Pengobatan Liver ,Hepatitis ,Kanker Hati Selain Dengan Cara Medis / kedokter, tidak ada salahnya juga anda mengkonsumsi jamu tradisional / Menggunakan Cara Alternatif / Herbal untuk membantu menjaga stamina, guna membantu memelihara kesehatan. Berfikirlah positif guna menjadikan sugesti yang baik untuk membantu kepercayaan diri anda.

PAKET HERBAL UNTUK PENYAKIT LIVER ( HATI)

broken image
broken image

 Cara Pemesanan Obat

  • Kirimkan data diri anda dan alamat lengkap
    • Nama Lengkap:
    • Alamt Lngkap :
    • Kecamatan :
    • Kabupaten:
    • provinsi :
    • Kode pos: no hp :
    • bank yang di gunakan sebagai pembayaran:
  • Silahkan Lakukan Pembayaran terlebih dulu seharga obat dan ongkos kirim yang telah disepakati sebelumnya via transfer Bank, setelah transfer SMS-kan konfirmasinya untuk proses pengiriman.
  • Agar pesanan Anda bisa segera diproses, segera konfirmasikan pembayaran Anda via TLP & SMS :0821 3861 5111 atau 0877 2451 6111
  • Setelah itu barang kami kirim melalui TIKI / JNE / POS.

CATATAN PENTING: Kami tidak ada unsur penipuan, atau tipu menipu. Kami adalah warga negara indonesia yang taat hukum, jika kami terbukti melakukan penipuan silahkan laporkan saja kepada pihak yang berwajib. Kami memberikan jaminan paket sampai alamat yang telah dicantumkan, apabila paket tidak sampai maka uang kami kembalikan 100%.

Silahkan Konsultasikan Penyakit anda Dan Pesan Obatnya Pada Kami

0821 3861 5111

Jika Memerlukan Obat Herbal Yang lainya Silahkan Buka Katalog Obat Herbal De nature Klik www.situsdokterherbal.com